Selasa, Juni 10, 2008

BIODATA EDDY SISWANTO

Berkesenian sejak di SMA, menekuni Teater dan Sastra sejak 1988 Bergabung di Teater Patria sebagai Pemain dan Sutradara, baik Pentas, TV maupun Radio. Beberapa terpilih sebagai Aktor Terbaik.
Beberapa pertunjukan pentasnya ( yang gampang diingat ) antara lain :

- Monolog BOS ( Taman Budaya Medan 1999 )
- Mentang-Mentang Dari New York ( Hotel Tiara - 2005 )
- Eksperimentasi Sastra " Sketsa Perjalanan " ( Taman Budaya Medan - 2005)
- Maling Menuntut Keadilan ( Hotel Tiara - 2006)
- Suara – Suara (5 th Medan Eksperimental Arts Ekspotition - TBM 2006).
- Anjing Masih Menggonggong ( Pesta Monolog Indonesia – TIM 2006 )

Sebagai Sutradara pada Pertunjukan Teater "Domba-Domba Revolusi" (TBM - 1997 )
Wicah, Duh.. Wicah ( TVRI - 1998 ) JODOH ( TBM - 2004 ) Opera Monolog "VIO" ( TBM - 2006 ) Opera Multimedia "Buteria dan Ladifa" ( Hotel Tiara Medan - 2007 )
dan Pergelaran Kolosal "Damai..Damai..Damai" (Lapangan Merdeka Medan - 2008)

Aktif diberbagai komunitas seni dan terlibat di berbagai event kesenian,antara lain :
Sebagai peserta pada Jambore Teater di Cibubur, Jawa Barat. (1994)
Sebagai pemain di Festival Nasional Teater di Bandung (1997)
Sebagai Peserta terbaik pada Pendidikan Sandiwara Radio di Jogyakarta (1999) Sebagai pemain pada ASEANIKA 2000 di Penang (2000)
Sebagai pemain pada Festival Teater Malaysia 2003 di Kuala Lumpur
Sebagai Pemain maupun Sutradara pada Sandiwara Radio Produksi RRI Medan. Sebagai Pengasuh acara Puisi Malam ( PUALAM ) di RRI Medan
dll

Selain menekuni pekerjaannya di RRI Medan, Pria humoris penggemar warna hitam ini, juga kerap terlihat Mendongeng, Baca Puisi, Pantomime menjadi Instruktur, menjadi Juri atau menjadi Presenter di acara2 tertentu dan sesekali menulis Puisi dan Naskah Drama Parodi. Beberapa Naskah Parodinya pernah di pentaskan di Medan, Padang dan Palembang.
Puisi-puisinya pernah dimuat dibeberapa harian di Medan, (Analisa, Mimbar Umum, Sumut Pos, Sumatera, Global, dll), Majalah SIASAH (Malaysia), Antologi Amuk Gelombang (Medan), Antologi Dian Sastro for President #2 Reloaded (Jogyakarta) Antologi Puisi Maha Duka Aceh dan Luka Aceh, Duka Kita (Jakarta), dan di beberapa situs sastra di internet.

Selain sebagai kepala keluarga dan memimpin Teater Patria Medan, saat ini dia duduk di Komite Sastra Dewan Kesenian Medan dan Wakil Sekretaris di Pengurus Wilayah SIAN ( Seniman Indonesia Anti Narkoba ) Daerah Sumatera Utara-Periode 2008 – 2011.

Sebagai penyiar, celotehnya yang khas bisa dinikmati di RRI Medan.

Contact Person
Email :bung_edi@yahoo.com

3 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat. saya nikmati blog anda
yang tanpa kategori ini
tapi boleh jugalah anda lihat
blog tejamu.wordpress.com

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ngALAM_Semesta mengatakan...

Subhanallah Wabihamdihi..senang hati ini, menemui syiar syair para sukma di ruang IT.Mulanya tak sengaja saya menemui panjenengan.Coba2, ingin tahu perkembangan SIAN, E.., jadinya mampir di medan.Semakin kerasan setelah bertemu Alif, Lam, Mim, dan tentunya Nun..(nama panggilan saya, hehe).Sedikit saya perkenalkan diri, sejak setahun terakhir, saya mendapat amanah membangun SIAN di wilayah Malang Raya, Jawa Timur.Allah berkehendak lain, sampai kini, syiar itu masih tertahan.apa kabar SIAN medan, mas Edy? Salam kenal, semoga silaturrahim ini berbuah jejak2 kebaikan, Amin Ya Arhamarrahimin...