Selasa, Agustus 19, 2008

SIAN PAINTING EXHIBITION

Selasa, 12 Agustus 2008
Tolak Narkoba dengan Seni Rupa
MEDAN- Banyak cara yang dapat mengapresiasikan penolakan terhadap narkoba. Salah satu sarana yang saat ini menjadi wadah kampanye bahaya narkoba adalah seni. Seni diyakini mampu memasukkan pesan-pesan penolakan terhadap narkoba dengan cara yang menggugah. Melalui media seni inilah Seniman Indonesia Anti Narkoba (SIAN) Sumut mencoba menggugah seluruh lapisan masyarakat untuk mengatakan tidak pada narkoba.

Dengan menggelar acara SIAN Painting Exhibition pada tanggal 22 hingga 24 Agustus mendatang di Lapangan Benteng Medan, SIAN Sumut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyadari dampak terburuk dari penggunaan narkoba.

Menurut Ketua Panitia SIAN Painting Exhibiton Sumut, Eddy Siswanto didampingi Koordinator Biro Seni Rupa SIAN Sumut, Togu Sinambela kepada wartawan, kemarin (11/8), even yang sekaligus digelar untuk memeperingati hari Kemerdekaan RI itu akan menggelar beragam kegiatan, selain pameran lukisan yang bakal diikuti 27 pelukis di Sumut dan pelukis dari Jakarta salah satunya adalah Ketua Umum SIAN H Hardi, even bertema "Merdeka Tanpa Narkoba" itu juga akan menggelar berbagai perlombaan yaitu lomba lukis poster, lomba menggambar dan lomba melukis. Selain itu juga ada pameran buku, pemutaran film yang digelar oleh stand-stand seperti Ikatan Masyarakat Anti Narkoba Sumut (IMANSU), Gerakan Anti Narkoba (GAN) Sumut serta Polda. "Kita sangat mengharapkan bagi masyarakat yang datang melihat pameran tersebut tentunya dapat menerima informasi tentang bahaya narkoba secara menyeluruh, karena dari pihak Polda Sumut juga akan memperlihatakan jenis-jenis narkoba," terang Eddy.

Untuk lomba lukis poster akan digelar Jumat 22 Agustus 2008, lomba ini diikuti oleh remaja berusia 17 hingga masyarakat berusia 35 tahun. Lomba menggambar akan digelar 23 Agustus 2008 yang akan diikuti oleh anak berusia 9 hingga 12 tahun. "Perlombaan menggambar ini nantinya terlebih dahulu para peserta akan mendengarkan dongeng dimana didalam dongeng akan tersirat pesan penolakan terhadap penggunaan narkoba, dan dari dongeng yang mereka dengar itulah nantinya masing-masing peserta akan menggambar kreasi apa saja," terang Eddy. Sedangkan lomba melukis akan digelar tanggal 24 Agustus 2008 dan diikuti oleh anak berusia 13 tahun hingga 16 tahun. Bagi masyarakat yang berminat dapat mendaftar ke Sekretariat Pengurus Wilayah SIAN Sumut, Jalan Sampul (Ayahanda) No. 20 Medan dan pendaftaran sendiri akan berakhir tanggal 21 Agustus 2008. Hadiah bagi para pemenang juga sangat menarik mulai dari tabungan, trophi, bingkisan hingga piagam.

Eddy bilang, para peserta yang dapat mengikuti ketiga kategori perlombaan ini tidak terikat pada anak yang bersekolah saja, artinya anak-anak jalanan yang berbakat juga diharapkan dapat berpartisipasi. Selain itu, setiap peserta yang mendaftar, sebelumnya akan diminta untuk mengisi format yang menyatakan bahwa dirinya tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun. "Setidaknya dengan adanya pernyataan hitam diatas putih dan ditandatangani, maka dapat meminimalisir masyarakat dari penyalahgunaan narkoba, dan tentunya bagi remaja atau lapisan masyarakat yang selama ini menggunakan narkoba dengan lomba ini tidak kita perbolehkan ikut, dan ruang geraknya pasti semakin kecil, karena pengguna narkoba pasti akan langsung didiskualifikasi," tegas Eddy. (gia)

1 komentar:

noname mengatakan...

P kbr pak Eddy, lama ga ada kabar